BRI Proaktif Ungkap Kejahatan Perbankan Social Engineering ke Polisi hingga Pelaku Diringkus

- Senin, 28 November 2022 | 06:56 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI proaktif mengungkapkan kejahatan perbankan, salah satunya social engineering.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI proaktif mengungkapkan kejahatan perbankan, salah satunya social engineering.

SUARA MEEDEKA JOGA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI proaktif mengungkapkan kejahatan perbankan, salah satunya social engineering.

BRI bahkan melaporkan kejahatan bermodus phising yang merugikan nasabah ini ke Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polei). 

Proses penyelidikan tersebut melibatkan BRI yang terus proaktif mendukung proses pengungkapan dan penangkapan tersangka berinisial FI, H, dan N.

BRI melaporkan kejahatan bermodus phising melalui situs palsu perubahan tarif transfer BRI pada Kamis (24/11) di Bareskrim Polri, Jakartap dengan dengan laporan bernomor LP/B/0569/IX/2022/SPKT/BareskrimPolri tanggal 29 September 2022.

Dari penjelasan Bareskrim Polri, diketahui tersangka merupakan pelaku kejahatan pembuat dan pengelola Web palsu dengan menggunakan 6 domain website palsu dengan modus pembelian tiket formula E dan perubahan tarif transfer.

Tersangka juga melakukan kontak langsung dengan korban untuk memanipulasi psikologis korban untuk mengungkap data pribadi dan data perbankannya.

Baca Juga: BRI Raih Penghargaan Platinum Rank di Asia Sustainability Reporting Rating 2022

Atas hal tersebut, tersangka juga dapat mengambil alih user internet banking dan melakukan transaksi pengambilan sejumlah saldo milik nasabah yang menjadi korban. BRI dan kepolisian setempat melakukan analisa bersama tentang alur transaksi untuk mengungkap identitas tersangka.

Dari penangkapan tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain 1 buah Handphone, 1 buah CPU, 4 buah ATM, 6 buah buku tabungan, 3 buah harddisk dan 1 buah flashdisk, 1 buah router, 1 buah KTP, 1 bundel printout mutasi rekening, 2 buah akun gmail, 1 akun pelanngan exabytes, 1 buah akun pelanggan idcloudhost.com.

Halaman:

Editor: Fakhrudin I

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X