Amalan Rebo Wekasan 21 September 2022, Ini Bacaan Doa Tolak Bala dan Tata Cara Sholat Lidafi'il Bala

- Rabu, 21 September 2022 | 11:20 WIB
Amalan Rebo Wekasan yang jatuh pada hari ini, Rabu, 21 September 2022 dan bacaan doa tolak bala serta tata cara sholat Lidafi'il Bala dalam Islam. (Pixabay/Mohamed_hassan)
Amalan Rebo Wekasan yang jatuh pada hari ini, Rabu, 21 September 2022 dan bacaan doa tolak bala serta tata cara sholat Lidafi'il Bala dalam Islam. (Pixabay/Mohamed_hassan)

SUARA MERDEKA JOGJA - Berikut amalan Rebo Wekasan yang jatuh pada hari ini, Rabu, 21 September 2022 serta bacaan doa tolak bala dan tata cara sholat Lidafi'il Bala dalam Islam.

Sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa bulan Safar adalah bulan yang penuh musibah atau kesialan sehingga setiap Rabu Wekasan dilakukan berbagai macam amalan untuk tolak bala.

Anggapan bahwa bulan Safar adalah bulan yang tidak baik berasal dari kepercayaan masyarakat zaman dahulu dan masih banyak dipercayai sampai sekarang.

Sejumlah amalan yang biasa dilakukan oleh masyarakat di Rebo Wekasan di antarnya menggelar selamatan, hingga membaca doa serta mengerjakan sholat tolak bala.

Baca Juga: Bacaan Surat Al Kautsar Ayat 1-3 Tulisan Arab, Latin, Arti Bahasa Indonesia dan Kandungan Makna di dalamnya

Perlu diketahui bahwa tidak ada dalil shahih yang mengajurkan masyarakat mengerjakan amalan-amalan khusus pada hari Rebo Wekasan atau hari Rabu terakhir bulan Safar.

Oleh sebab itu, beberapa Ulama pun mengatakan bahwa amalan khusus yang dikerjakan saat Rebo Wekasan adalah tidak diperbolehkan.

Tetapi beberapa Ulama juga berpendapat apabila mengerjakan alaman dengan diniatkan memohon perlindungan atau tolak bala kepada Allah SWT tanpa mengaitkan dengan Rebo Wekasan tidak apa-apa.

Dalam ajaran Islam sendiri, terdapat doa dan sholat tolak bala atau Lidafi'il Bala yang bisa dikerjakan umat muslim untuk dijauhkan dari musibah.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X